#WorkFromHome Tapi Tetap Produktif? Bisa!

March 19, 2020 | 2 Minute Read

#WorkFromHome

Bekerja dari rumah atau Work From Home atau disingkat WFH menjadi ramai diperbincangkan saat ini sebagai aksi preventif terhadap pandemi Covid19 yang terjadi secara global. Walaupun belum semua perusahaan mengeluarkan kebijakan demikian, namun sebagian besar perusahaan telah merealisasikannya. Supaya WFH tidak kalah produktif dengan bekerja di kantor, dan untuk menambah wawasan kita mengenai WFH, berikut hal-hal yang perlu kita perhatikan.

  1. Linkungan Kerja

    Ciptakan lingkungan kerja yang nyaman di rumah. Walaupun rumah adalah tempat yang sudah nyaman untukmu, tapi tetap pastikan rumahmu juga tempat kerja yang nyaman untukmu ya. Misalnya sediakan meja yang cocok dan nyaman untuk bekerja, makanan-makanan ringan untuk menemanimu saat bekerja, atau mungkin putar musik supaya tetap semangat bekerja walaupun sedang di rumah.

  2. Mandi Sebelum Memulai Pekerjaan

    WFH bukan berarti tidak perlu mandi dan bersiap seperti yang biasa kita lakukan ketika weekend lho. Jika kita tidak mandi dan menyiapkan diri layaknya kita akan berangkat ke kantor, justru kita akan merasa malas dan sulit untuk fokus terhadap pekerjaan yang akan dilakukan.

  3. Sarapan

    Layaknya akan bekerja di kantor, bekerja dari rumah juga butuh sarapan, lho. Sarapan pagi dikenal bermanfaat untuk menyegarkan otak dan menjaga konsentrasi, sehingga mau bekerja di kantor maupun di rumah, tidak masalah!

  4. Set-up Schedule

    Layaknya bekerja di kantor seperti biasanya, jadwal pekerjaan perlu diatur sebelum memulai pekerjaan, baik itu untuk individu atau departemen yang ada di kantor. Perlu juga untuk membuat skala prioritas agar semua pekerjaanmu tetap on schedule!

  5. Koneksi Internet

    Aspek paling penting yang akan mendukung WFH berjalan lancar adalah koneksi internet, karena mayoritas diskusi pekerjaan tentu akan berjalan online. Maka dari itu, penting untuk memastikan dan mempersiapkan koneksi internetmu. Jangan sampai diskusi terhambat karena koneksi internetmu putus.

  6. Komunikasi

    Permasalahan umum yang terjadi akibat sistem WFH adalah komunikasi. Seringkali karena sistem WFH, komunikasi antar pegawai menjadi lebih lambat dibandingkan bekerja di kantor. Maka dari itu, penting untuk mempersiapkan sarana-sarana komunikasi online yang dapat mendukung pekerjaan, misalnya dengan menggunakan software-software aplikasi untuk meeting, mengirimkan pekerjaan, atau untuk review pekerjaan.

  7. Mindset dan Komitmen

    Mindset setiap orang dalam perusahaan terhadap sistem WFH perlu disamakan sebelum direalisasikan. WFH bukan berarti bebas memilih waktu bekerja. Jam kerja untuk WFH dan bekerja di kantor tetap sama, hanya berbeda tempat kerjanya saja. WFH juga lebih berpotensi menurunkan produktivitas kita karena lingkungan yang nyaman untuk bekerja sambil bersantai, maka diperlukan komitmen yang tinggi untuk mampu menyamakan hasil kerja WFH dengan hasil kerja bekerja di kantor, atau bahkan membuatnya lebih baik.

  8. Tidak Semuanya Bisa WFH

    Kendala untuk merealisasikan WFH secara luas adalah tidak semua bidang pekerjaan dapat meminta karyawannya melakukan pekerjaannya di rumah. Misalnya bidang-bidang pekerjaan yang berhubungan langsung dengan kepentingan publik, seperti para pegawai bank, rumah sakit, dan lain-lain.

Itulah beberapa hal yang penting untuk diperhatikan mengenai Work From Home (WFH). Tetap semangat dan produktif dalam bekerja, dan semoga keadaan negeri kita segera pulih ya! Stay safe, stay healthy, IndoneXian!

Penulis: Indonesia X