Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Disebarkan Online Secara Masif, Terbuka dan Gratis

June 25, 2019 | 2 Minute Read

Jakarta, 25 Juni 2019 - IndonesiaX kembali menyelenggarakan konferensi kuartalan yang ke-12, kali ini dengan topik “Government Procurement Procedures: 2019 Onward”. Topik ini sejalan dengan semangat pemberian literasi tentang prosedur pengadaan barang/jasa pemerintah (PBJ) melalui platform pendidikan online IndonesiaX.co.id. Topik seminar kali ini diharapkan dapat memberikan informasi terbaru seputar kebijakan umum dalam bidang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dari sumbernya langsung serta memberikan gambaran terhadap permasalahan hukum yang timbul pada proses Pengadaan Barang/Jasa.

Keynote speech disampaikan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Prof.Dr. Bambang Brodjonegoro sebagai penyusun perencanaan pembangunan nasional, diikuti oleh Kepala LKPP Bapak Roni Dwi Susanto sebagai pembuat kebijakan di bidang PBJ. Pada acara ini, LKPP meluncurkan ‘sneak peek’ kursus online ‘PBJ Desa’ yang diharapkan dapat membantu pemahaman atas prosedur pengadaan untuk percepatan penggunaan dana desa yang dibutuhkan untuk mensukseskan program pemerintah untuk memajukan Indonesia dari desa, sesuai dengan peraturan dan good governance (tata kelola) yang baik.

Bapak Taufik Hanafi, Deputi Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan Bappenas, mewakili Menteri PPN/Kepala Bappenas, Prof. Dr. Bambang Brodjonegoro, dalam acara ini mengatakan, “Kami menyambut baik rencana diluncurkannya kursus pengadaan barang jasa secara gratis atas inisiatif LKPP dan IndonesiaX. Ini merupakan prakarsa yang sangat penting dan sebenarnya merupakan tantangan untuk LKPP karena SDM pengadaan barang/jasa jumlahnya saat ini masih terbatas sementara anggaran untuk pengadaan barang/jasa semakin tahun semakin besar.”

Dirjen Bina Konstruksi PUPR Bapak Syarif Burhanuddin dan Sekretaris Jenderal Kemendikbud Bapak Didik Suhardi juga menjadi pembicara dalam seminar beserta 2 pengajar kursus pengadaan di IndonesiaX yaitu Prof. Nyoman Pujawan, instruktur kursus ITS101 yang berjudul “Manajemen Rantai Pasok”, serta Bapak Samsul Ramli, instruktur kursus KM101 yang berjudul “Dasar-Dasar Pengadaan Barang atau Jasa”.

Prof Muhammad Nuh, Ketua Dewan Penasehat IndonesiaX, yang memberikan pidato pembukaan dalam acara ini mengatakan, “IndonesiaX dalam usahanya untuk memenuhi kehausan keilmuan, terus berusaha menampilkan para ahli yang prominent dari perguruan tinggi, kementerian, lembaga dan perusahaan untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Semua itu dilakukan secara masif agar terjadi kapitalisasi pengetahuan untuk mewujudkan masyarakat berbasis pengetahuan (knowlege based society)”. Beliau sangat menghargai usaha Kemendikbud yang memungkinkan terselenggaranya konferensi literasi pengadaan PBJ.

Sejak diluncurkan 17 Agustus 2015, platform IndonesiaX.co.id telah menyediakan 35 kursus yang dikenal dengan sebutan Massive Open Online Course (MOOC) yang dapat diakses secara gratis oleh siapa saja, kapan saja dan di mana saja asalkan ada koneksi internet dan telah diakses lebih dari 10 juta orang. Lucy Pandjaitan Mangoendipoero, Founder dan CEO IndonesiaX mengatakan, “IndonesiaX berusaha membantu pendemokratisasian pengetahuan dan ilmu melakui pemberian akses gratis kepada pembelajar di seluruh penjuru negeri atas materi pembelajaran dan keterampilan dari para instruktur terbaik di dalam maupun manca negara, dari kementerian dan lembaga pemerintah, universitas dan perusahaan terkemuka.” 

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi:
Daniella Jeslynn
Marketing Communication
PT Education Technology Indonesia (IndonesiaX)
Tel: +62 8878811625
Email: djeslynn@indonesiax.co.id
Website: www.indonesiax.co.id

Konferensi 11 IndonesiaX
Konferensi 11 IndonesiaX
Konferensi 11 IndonesiaX
Konferensi 11 IndonesiaX
Konferensi 11 IndonesiaX