Maybank Indonesia Bermitra dengan IndonesiaX dalam Sosialisasi Ekonomi dan Keuangan Syariah

March 22, 2018 | 3 Minute Read

Jakarta, 19 Maret 2018 - PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) melalui Unit Usaha Syariah (Perbankan Syariah Maybank Indonesia) menjalin kemitraan strategis dalam bidang pembelajaran online dengan PT Education Technology Indonesia (IndonesiaX). Perikatan kemitraan strategis secara simbolis dilakukan Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria bersama CEO IndonesiaX Lucy Pandjaitan Mangoendipoero di Kantor Pusat Maybank Indonesia, Jakarta, pada hari ini.

Melalui kemitraan strategis ini, IndonesiaX sebagai pemilik platform pendidikan online www.indonesiax.co.id akan menyediakan kursus online tentang Ekonomi dan Keuangan Syariah yang disediakan oleh Maybank Indonesia. Platform pembelajaran online ini dapat diakses bukan hanya oleh karyawan Maybank Indonesia tetapi juga dapat diakses publik secara gratis. Selain itu, dari setiap modul yang berhasil dikuasai dengan baik, para peserta bisa mendapatkan sertifikat sesuai dengan kursus yang telah diselesaikan. Sertifikat ini dapat menjadi nilai tambah bagi pembelajar, apakah mahasiswa, professional maupun pendidik dalam karir mereka.

“Kemitraan dengan IndonesiaX berangkat dari perhatian kami terhadap tingkat literasi keuangan Syariah di Indonesia yang masih rendah. Oleh karena itu, kami menginisiasi penyediaan materi edukasi dengan platform online dari IndonesiaX. Dengan demikian, dapat memberikan akses yang lebih luas dan fleksibilitas waktu bagi masyarakat untuk memahami keuangan Syariah,” kata Taswin Zakaria, Presiden Direktur - Maybank Indonesia.

“Inisiasi ini pun selaras dengan misi Perbankan Syariah Maybank Indonesia untuk terus membangun pertumbuhan keuangan Syariah di Indonesia,” kata Taswin Zakaria. “Tentu saja dalam menjalankan misi ini, diperlukan edukasi kepada public mengenai prinsip-prinsip keuangan Syariah. Karena itu, kemitraan dengan IndonesiaX menjadi sangat penting” tambahnya.

Sejak diluncurkan 17 Agustus 2015, platform IndonesiaX.co.id telah menyediakan 25 Massive Open Online Course (MOOC) yang dapat diakses secara gratis oleh siapa saja, kapan saja dan di mana saja asalkan ada koneksi internet Lucy Pandjaitan Mangoendipoero, Founder dan CEO IndonesiaX mengatakan, “Indonesia memiliki lebih dari 250 juta penduduk, namun berapa persen yang bisa mengenyam pendidikan yang berkualitas? IndonesiaX adalah cara untuk melakukan demokratisasi pendidikan dan skill development, mengurangi disparitas pendidikan antar daerah dengan memberikan akses terhadap pendidikan berkualitas yang diberikan oleh profesor/pimpinan perusahaan yang terkemuka”.

Pada hari dan tempat yang sama juga berlangsung IndonesiaX Quarterly Conference yang ke-7 dengan tajuk “Islamic Economics and Finance: Present and Future”. Konferensi sarat dengan pakar di bidang Syariah di antaranya Ketua OJK Wimboh Santoso yang juga adalah Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah, Pungky Sumadi Deputi Kepala Bappenas dan anggota Komite Nasional Keuangan Syariah, Bapak Anwar Bashori selaku Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Islam Bank Indonesia, Bapak Suminto selaku Direktur Pembiayaan Syariah, Bapak Sarwono Sudarto selaku Direktur Keuangan Perusahaan Listrik Negara.

Pada event yang sama, IndonesiaX juga secara resmi meluncurkan kursus “Introduction to Islamic Economics and Finance” di website IndonesiaX.co.id yang dapat diakses gratis oleh para pembelajar. Kursus ini akan dibawakan oleh pakar-pakar ekonomi Syariah dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia dan produksinya didukung oleh Maybank Indonesia.

Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA, Ketua Dewan Penasehat IndonesiaX, menilai bahwa kekuatan real ekonomi syariah di Indonesia saat ini masih sangat kecil dibanding potensi real dan peluangnya.

“Untuk itu, yang menjadi agenda besar saat ini adalah melakukan konversi cerdas melalui diversifikasi produk, penguatan tata kelola dan bisnis agar menjadi kekuatan yang sangat efektif untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemartabatan bangsa,” selanjutnya Prof. Nuh menambahkan, “IndonesiaX terpanggil untuk bersama-sama membangun ekosistem ekonomi syariah, antara lain melalui penguatan literasi publik, keuangan syariah dan ekonomi sosial syariah seperti waqaf.”