Konferensi 11 IndonesiaX Tentang Komunikasi 4.0 Digelar di Bandung

March 04, 2019 | 3 Minute Read

Jakarta, 04 Maret 2019 – IndonesiaX kembali menyelenggarakan konferensi edukasi bertajuk “Communication in Digital Era”, kali ini di Bandung. Event ini bertepatan dengan peluncuran kursus terbaru IndonesiaX, yaitu UNPAD203 yang berjudul “Komunikasi Persuasif Untuk Negosiasi” yang dibawakan oleh dosen-dosen dari Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjajaran (UNPAD), juga MOOC CBS101 “Business Presentation with Charles Bonar Sirait” yang dibawakan oleh presenter kondang televisi Indonesia, Charles Bonar Sirait. Kedua kursus ini dapat diakses gratis oleh para pembelajar melalui platform www.indonesiax.co.id.

Bapak Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyampaikan keynote speech, “Saya ajak kepada siapapun yang bermedia sosial, berpikirlah seolah kita di dunia nyata, bukan di dunia maya. Di dunia nyata ada tatanan sosial dan agama yang membatasi kita untuk serta merta mengekspresikan segalanya. Kita jaga kesehatan dan pola pikir perihal cara memakai medsos. Harus bijak. Jangan biarkan jempol lebih cepat dari pikiran,” jelas Bapak Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Sementara itu, Rektor Unpad, Prof.Dr.med.Tri Hanggono Achmad,dr., yang menjadi tuan rumah acara ini mengatakan, “Era digital memfasilitasi kita untuk bisa berkomunikasi secara lebih efektif, terarah dan mendukung produktivitas kerja. Untuk bisa optimal dan berdampak positif, maka kontribusi perguruan tinggi sangatlah penting untuk memberikan dasar atau kajian akademik dan juga etika dalam berkomunikasi di era digital ini”.

Para panelis yang mengisi konferensi edukasi ini adalah Bapak Charles Bonar Sirait, Praktisi Komunikasi & Penulis Buku Best Seller “The Power of Public Speaking”, presenter dan pengajar komunikasi; Bapak Ivan Lanin, Aktivis Bahasa Indonesia dan Pendiri Wikimedia Indonesia; Bapak Yusuf Arifin, Chief of Storyteller Kumparan; dan Bapak Kunto Adi Wibowo, M.Comm, Phd., Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran. “Era digital menambah dan mengubah medium komunikasi. Generasi muda perlu memahami perbedaan bentuk tiap medium itu agar dapat berkomunikasi secara efektif pada berbagai medium komunikasi era digital. Konferensi IndonesiaX tepat sekali memilih topik yang sesuai dengan tantangan itu,” kata Bapak Ivan Lanin menanggapi topik konferensi IndonesiaX kali ini.

Sejak diluncurkan 17 Agustus 2015, platform IndonesiaX.co.id telah menyediakan 35 kursus yang dikenal dengan sebutan Massive Open Online Course (MOOC) yang dapat diakses secara gratis oleh siapa saja, kapan saja dan di mana saja asalkan ada koneksi internet. Lucy Pandjaitan Mangoendipoero, Founder dan CEO IndonesiaX mengatakan, “IndonesiaX memberikan akses kepada pembelajar di seluruh penjuru negeri atas materi pembelajaran dan keterampilan dari para instruktur terbaik seperti profesor,dosen, praktisi dan pimpinan perusahaan terkemuka. Untuk konferensi kali ini, topik “komunikasi” dirasa sangat cocok untuk dibahas ke UNPAD, terlebih mengingat Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad merupakan Fakultas Ilmu Komunikasi pertama di Indonesia dan pernah meraih penghargaan sebagai The Best Universities School of Communications dari Majalah MIX Marketing (SWA Media Group).”

Universitas Padjajaran sendiri kini telah memiliki 3 kursus di www.indonesiax.co.id, di antaranya adalah UNPAD101 dengan topik kesehatan anak, UNPAD202 dengan topik manajemen keuangan, serta UNPAD203 dengan topik komunikasi persuasif yang kursus minggu pertamanya diluncurkan pada acara ini. Sementara itu, IndonesiaX kini telah memiliki 3 kursus komunikasi, dimana selain kursus terbarunya UNPAD203 “Komunikasi Persuasif untuk Negosiasi”, dua kursus komunikasi lainnya yang telah tayang di IndonesiaX adalah NET101 “Introduction to Broadcasting Television” dan UT101 “Public Speaking”.

Setelah konferensi berlangsung juga Meet Up Komunitas Pembelajar IndonesiaX atau yang biasa disebut “IndoneXian”, dimana dalam acara ini, para pembelajar IndonesiaX dipertemukan dengan tim IndonesiaX dan beberapa instruktur di platform IndonesiaX.co.id untuk berdiskusi dan bersinergi tentang rencana komunitas IndonesiaX dalam menyebarluaskan misi baik IndonesiaX untuk dunia pendidikan di Indonesia.

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi:
Daniella Jeslynn
Marketing Communication
PT Education Technology Indonesia (IndonesiaX)
Tel: +62 87819956797
Email: djeslynn@indonesiax.co.id
Website: www.indonesiax.co.id

Konferensi 11 IndonesiaX
Konferensi 11 IndonesiaX
Konferensi 11 IndonesiaX
Konferensi 11 IndonesiaX
Konferensi 11 IndonesiaX