IndonesiaX Memilih Yogyakarta sebagai Tuan Rumah Peluncuran Kursus Terbaru MAYBANK101 dan Konferensi Edukasi Ke-8

July 06, 2018 | 2 Minute Read

Jakarta, 6 Juli 2018 – IndonesiaX kembali menyelenggarakan konferensi edukasi bertajuk “Pengenalan Ekonomi dan Keuangan Syariah”, kali ini di Yogyakarta. Di event kali ini, IndonesiaX sekaligus akan meluncurkan kursus terbaru yang berjudul “Keuangan Syariah: Transaksi-Transaksi yang Dilarang Dalam Islam” dengan kode kursus MAYBANK101 di website IndonesiaX.co.id yang dapat diakses gratis oleh para pembelajar. Kursus ini dibawakan oleh Dr. Oni Sahroni, M.A., salah satu instruktur yang juga membawakan kursus UI305 “Pengenalan Ekonomi dan Keuangan Syariah”.

Konferensi ini merupakan konferensi ke-8 IndonesiaX, dimana ini kedua kalinya IndonesiaX mengusung tema ekonomi dan keuangan syariah. Konferensi ini diisi oleh pakar dan praktisi usaha yang menyampaikan teori dan wawasan yang mereka miliki, di antaranya mengenai profit-loss sharing (untung-rugi), zakat dan wakaf dalam ekonomi Islam, gambaran kondisi perkembangan ekonomi syariah di Indonesia, hambatan, serta tantangannya, serta peran akademisi untuk meningkatkan literasi dan mensosialisasikan sistem ekonomi syariah dari aspek keilmuan. Sebelumnya, IndonesiaX sudah mengembangkan MOOC atau kursus online mengenai ekonomi dan keuangan syariah, yaitu kursus UI305 yang berjudul “Pengenalan Ekonomi dan Keuangan Syariah.”

Konferensi dibuka oleh Prof. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., Rektor Universitas Gadjah Mada, yang juga menjadi tuan rumah konferensi ke-8 IndonesiaX kali ini. Hadir juga Bapak Fathul Wahid, Ph.D., Rektor Universitas Islam Indonesia, menyampaikan keynote speech pada konferensi ini. Sementara itu, para panelis yang mengisi konferensi edukasi ini di antaranya Bapak Achmad Tohirin, Drs., M.A., Ph.D., Koordinator Program Magister Ekonomi Keuangan Islam Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Ibu Rahmatina A. Kasri S.E., MIDEC, MBA, Ph.D, Kepala Program Sarjana Ekonomi Islam Universitas Indonesia sekaligus Instruktur MOOC UI305, dan Dr. Fuad Mas’ud, MIR, Dosen Prodi Ekonomi Islam Universitas Diponegoro.

Dr. Fuad Mas’ud, MIR, Dosen Prodi Ekonomi Islam Universitas Diponegoro, menilai bahwa praktik real ekonomi syariah di Indonesia saat ini masih jauh dari yang diharapkan.

“Dewasa ini d Indonesia, telah banyak program studi ekonomi syariah di berbagai perguruan tinggi, dan banyak buku tentang ekonomi syariah telah ditulis. Setiap tahun ribuan mahasiswa mengambil program studi ekonomi syariah, namun praktik ekonomi keuangan syariah belum seperti yang diharapkan. Perkembangan praktik ekonomi syariah belum begitu maju.”

Pada hari dan tempat yang sama juga berlangsung Meet Up Pembelajar IndonesiaX, dimana dalam acara ini, pembelajar IndonesiaX dipertemukan dalam suasana kekeluargaan dengan instruktur, Dewan Penasihat IndonesiaX dan tim IndonesiaX. Dalam acara ini diadakan sharing session, hiburan dan kuis berhadiah untuk mempererat tali persaudaraan di antara para pembelajar maupun dengan tim IndonesiaX.

Sejak diluncurkan 17 Agustus 2015, platform IndonesiaX.co.id telah menyediakan 25 Massive Open Online Course (MOOC) yang dapat diakses secara gratis oleh siapa saja, kapan saja dan di mana saja asalkan ada koneksi internet Lucy Pandjaitan Mangoendipoero, Founder dan CEO IndonesiaX mengatakan, “Indonesia memiliki lebih dari 250 juta penduduk, namun berapa persen yang bisa mengenyam pendidikan yang berkualitas? IndonesiaX adalah cara untuk melakukan demokratisasi pendidikan dan skill development, mengurangi disparitas pendidikan antar daerah dengan memberikan akses terhadap pendidikan berkualitas yang diberikan oleh profesor/pimpinan perusahaan yang terkemuka. Selain itu, IndonesiaX juga ingin meningkatkan literasi tentang ekonomi dan keuangan syariah karena potensi untuk meningkatkan kontribusi syariah dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan rakyat.”